cover
Contact Name
Ike Sylvia, S.IP., M.Si.
Contact Email
-
Phone
+6281363630789
Journal Mail Official
sikola@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang (Integrated Classroom B UNP Air Tawar Padang) Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 26863413     EISSN : 27151735     DOI : https://doi.org/10.24036/sikola
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan pengajaran adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Jurnal ini memfasilitasi diskusi berkaitan dengan Dinamika Institusi pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Kurikulum, Model-model Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Dengan kajian yang mendalam diharapkan artikel dalam jurnal ini memberikan pemikiran baru berkaitan dengan pengembangan konsep dan teori yang ada dalam ilmu pendidikan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (September 2019)" : 12 Documents clear
Pengembangan Tes Diagnostik Pilihan Objektif Tiga Tingkat Guna Mendeteksi Miskonsepsi Ciri-Ciri Sosiologi Mardiani Mardiani; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (September 2019)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya nilai UTS siswa yang masih berada di bawah KKM yaitu 70 terlebih pada soal-soal ciri-ciri sosiologi. Pengembangan tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat ini bertujuan untuk megidentifikasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa dengan jumlah soal 20 butir. Hal ini dianalisis dengan teori tes modern/ item response theory, artinya respon subjek terhadap suatu item menunjukkan kemampuan kognitifnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode pengembangan Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model yang dikemukakan oleh Tessmer (formatif evaluation). Teknik pengumpulan datanya berupa tes dan angket. Dari angket respon (efektivitas) siswa, diketahui bahwa tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat efektif untuk digunakan, dan dari data tes soal diketahui tingkat pemahaman siswa, persentase mengerti konsep 44,9%, dan miskonsepsi 45,25% serta tidak mengerti konsep 11,6%. CVI dari soal yang dikembangkan menunjukkan hasil 0,90 dengan kategori sangat sesuai, dan reliabilitasnya 0,457 dengan kategori cukup
Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus SMAN 3 Painan dan SMAN 2 Bayang) Yorisa Yora Marwa; Reno Fernandes
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (September 2019)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran dan kendala dalam penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMAN 3 Painan dan SMAN 2 Bayang. Dalam menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan teori Talcott Parson yaitu AGIL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan pemilihan informan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancaradan dokumentasi dengan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Penelitian ini menunjukkan berbagai permasalahan dalam penerapan dan kendala rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu, (1). Kesiapan guru; (2).Karakteristik peserta didik; (3). Kendala guru; (4).Upaya kepala sekolah dan; (5).Hubungan peserta didik, guru dan kepala sekolah. Penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 pada mata pembelajaran sosiologi sudah di implementasikan tapi belum optimal.
Penerapan Model Pmbelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA N 2 Batang Anai Indah Delviani; Junaidi Junaidi
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (September 2019)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Batang Anai khususnya pada kelas XI IPS 2. Berdasarkan hal tersebut upaya yang cocok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan adanya rancangan pembelajaran yang tepat, yaitu dengan menggunakan model Think Pair Share. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan motivasi belajar kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batang Anai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan dan siklus kedua dilakukan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Batang Anai yang berjumlah 32 orang. Pada penelitian ini peneliti menetapkan batasan keberhasilan pemahaman kosep siswa pada kategori baik level tengah yaitu 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan Motivasi Belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Batang Anai tahun ajaran 2019/2020 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor Observasi Motivasi Belajar sosiologi dilakukan tindakan pada siklus I skor rata-rata mengalami peningkatan sebesar 12,3% menjadi 41,98%. Peningkatan juga terjadi pada siklus I ke siklus II yaitu sebesar 34,64 % menjadi 76,62 % pada siklus II.
Hubungan Karakter Siswa Dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X dan XI IPS di SMANegeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Nadya Zahratul Atika; Junaidi Junaidi
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (September 2019)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i1.4

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui pengaruh karakter peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik kelas X dan XI IPS di SMA N 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi penelitian aadalah semua peserta didik kelas X dan XI IPS di SMA Negeri 2 Batang Anai sebanyak 259 orang peserta didik. Ukuran sample penelitian sebanayak 157 orang peserta didik ditentukan dengan rumus Arikunto, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik Proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikn antara variabel karakter peserta didik dengan hasil belajar sosiologi peserta didik kelas X dan XI IPS di SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang dibuktikan dengan koefisien korelasi (rᵪᵧ) 0.352> 0.156.
Respon Masyarakat Terhadap Kebijakan Pendidikan di Nagari Koto Baru Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung Khairiah Khairiah; Reno Fernandes
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (September 2019)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan respon masyarakat terhadap kebijakan pendidikan di Nagari Koto Baru, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial Max Weber yaitu tindakan individu sepanjang tindakannya itu mempunyai makna atau arti subyektif bagi dirinya dan diarahkan kepada tindakan orang lain. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pemilihan informan purposive sampling. Saat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat 2 macam respon dari masyarakat mengenai kebijakan pendidikan di Nagari Koto Baru yaitu, (1) setuju/ pro; (2) tidak setuju/ kontra.
Penerapan Model TGT dengan Variasi LKPD Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung Padang Pariaman Diana Sri Mayani; Junaidi Junaidi
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (September 2019)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini yang melatarbelakanginya adalah kurangnya minat belajar sosiologi peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Berdasarkan kasus tersebut solusi yang cocok untuk peningkatan minat belajar sosiologi peserta didik yaitu dengan menggunakan penerapan model yang cocok dengan peningkatan minat adalah menggunakan model pembelajaran TGT dengan variasi LKPD berbasis kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan penerapan model pembelajaran TGT dengan variasi LKPD berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus dilakukan dengan dua kali petemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung dengan jumlah 30 orang. Pada kasus ini penulis menetapkan kategoti yang ingin di capai pada minat belajar sosiologi siswa pada skor presentase tinggi yaitu 76%-100%. Hasil yang didapat memperlihatkan bahwa penerapan model TGT dengan variasi LKPD berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung tahun ajaran 2019/2020 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor observasi minat belajar sosologi dari sebelum penerapan model pembelajaran TGT dengan variasi LKPD berbasis kontekstual skor presentasenya 29%, setelah diterapkan model TGT pada siklus pertama skor nilai rata-rata mengalami peningkatan dengan skor 39% ke 68%. Peningkatan tersebut terjadi pada siklus I menuju siklus II yaitu sebesar 12 % sehingga didapat skor 80%.
Efektivitas Institusi Pendidikan Dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Siswa di Era Digital Di SMA 4 Kota Payakumbuh Trilorya Elizabeth Sinaga; Reno Fernandes
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (September 2019)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i1.7

Abstract

Ide studi ini didasarkan oleh ketertarikan peneliti dalam melihat maraknya perilaku menyimpang siswa pada era digital di kalangan pelajar khususnya di sekolah SMA N 4 Kota Payakumbuh. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pencapaian dari serangkaian institusi pendidikan dalam menanggulangi perilaku menyimpang terhadap siswa di SMA N 4 Kota Payakumbuh. Studi ini dikaji dianalisis dengan teori Kontrol Sosial oleh Travis Hirschi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi non partisipatif, wawancara mendalam dengan jumlah 10 orang , studi dokumentasi, yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak sekolah sudah membuat kebijakan-kebijakan yang telah dibuat agar tidak terjadi lagi perilaku menyimpang (1) keberhasilan sekolah dalam mengurangi perilaku menyimpang. (2) Pendidikan Karakter.
Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter Nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Alam Minangkabau Dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus: SMA Negeri 2 Padang dan SMA Adabiah Padang) Yuni Eka Putri; Reno Fernandes
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (September 2019)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i1.8

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mencari dan mengumpulkan informasi tentang Implementasi pendidikan karakter nilai Al-Qur’an dan nilai Budaya Alam Minangkabau di kota padang khususnya SMAN 2 Padang dan SMA Adabiah Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Alasan penulis menggunakan metode tersebut adalah bahwasanya penelitian ini berusaha mendiskripsikan/ memberikan gambaran mengenai penerapan pendidikan karakter nilai al-qur’an dan nilai BAM pada pembelarajan sosiologi. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, dengan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori difusi inovasi dari Evverret Rogers. Hasil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter Nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Alam Minangkabau yang dikeluarkan oleh kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat belum terlaksana dengan baik. Guru masih saja kebingungan dengan pengintegrasian tersebut. Guru masih saja fokus pada materi yang diajarkan, belum kepada pengintegrasian nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Alam Minangkabau pada proses pembelajaran sosiologi.
Implementasi Pelaksanaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas XI IIS SMAN 16 Padang Rika Argusni; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (September 2019)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i1.9

Abstract

Dalam penelitian ini mengungkapkan implementasi pelaksanaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kamampuan problem solving siswa pada pembelajaran Sosiologi. Model pembelajaran Problem Based Learning ini merupakan model pembelajaran penyelesaian suatu masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Lokasi penelitian di SMAN 16 Padang dengan subjek siswa kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, penelitian menujukan terdapatnya peningkatan kemampuan Problem Solving siswa dengan penerapan model Problem Based Learning. karena model ini siswa belajar dengan pengetahuannya sendiri untuk memecahkan persoalan sehingga siswa mempunyai tantangan tersendiri dalam proses belajar. Secara keseluruhan kemampuan Problem Solving siswa memiliki peningkatan dari siklus I ke siklus II menjadi 88%.
Penerapan Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas XI IPS di SMAN 6 Padang Dilla Yulia Vermana; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (September 2019)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 6 Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kerjasama siswa . Hal tersebut dirasakan oleh guru mata pelajaran Sosiologi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri6 Padang. Oleh karena itu upaya yang cocok untukmeningkatkan kerjasama siswa dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat yaitu denganmenggunakan model Group Investigation. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Padang yang berjumlah 34 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi yang memuat indikator kerjasama siswa. Pada penelitian ini peneliti menetapkan batasan keberhasilan peningkatan kerjasama pada kategori baik yaitu pada interval 61% keatas. Hasil penelitian terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran sosiologi dengan rumus persentase P=(F/N)X100%. Hasil penelitian menunjukan terdapatnya peningkatan dan penurunan kerjasama siswa dengan penerapan model Group Investigation. Secara keseluruhan tingkat kerjasama siswa dari siklus I sebesar 46% meningkat menjadi 72% pada siklus II dengan besar peningkatan 26%.

Page 1 of 2 | Total Record : 12